Cara Mendeteksi gejala –gejala Kanker dan Mendiaknosisnya

| Senin, 28 Maret 2011
Ada banyak gejala yang dapat muncul karena kanker,tergantung pada tempat tumbuhnya,jaringan asalnya, pertumbuhannya. dan luasnya Ada gejala yang langsung mencirikan pertumbuhan itu,misalnya,tonjolan atau perubahan kulit,atau gejala-gejala yang timbul karena penyumbatan suatu saluran atau pendarahan ke saluran tersebut, misalnya saluran pernafasan,saluran pencernaan,atau saluran air seni.
Ada pula gejala yang timbul karena terganggunya fungsi suatu organ penting .Tumor yang menekan atau mengganggu urat saraf dapat menimbulkan sakit atau gangguan system saraf.Tumor tumor tertentu menggalakkan pembuatan hormone-hormon ,dengan komplikasi dan akibat yang terasakan jauh dari tempat tumbuhnya.
Menurunnya berat badan tanpa sebab yang jelas, merupakan ciri banyak kanker.Sejumlah tanda peringatan dini yang dapat menjadi petunjuk untuk mencurigai adanya kanker adalah :
1. Penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas
2. Luka atau bisul yang tak mau sembuh setelah tiga minggu
3. Tahi lalat yang membesar , gatal, berdarah
4. Sakit kepala berat yang muncul berulang ulang
5. Sulit menelan
6. Suara serak berkepanjangan
7. Batuk dengan dahak bercampur darah
8. Nyeri perut yang tak mau hilang
9. Buah zakar yangb berubah bentuk dan membesar
10. Air seni bercampur darah tanpa rasa sakit waktu kencing
11. Perubahan kebiasaan buang air besar
12. Benjolan atau perubahan bentuk payudara
13. Putting mengeluarkan cairan atau darah
14. Kemaluan wanita mengeluarkan darah atau keluar titik titik darah antara masa haid atau setelah mati haid.

Diagnosis
Kemajuan yang terjadi di bidang pengobatan kanker,tes penyaringan untuk menemukan kanker payudara, kanker mulut raim, dan kanker usus telah menurunkan angka kematian.Tetapi bagi kebanyakan tumor, diagnosis baru terjadi setelah ada gejala-gejala yang muncul,atau didasarkan setelah ada gejala gejala yang muncul , atau ditegaskan berdasarkan pemeriksaan terhadap penderita. Ada empat macam tes utama,yaitu tes sitologi,teknik pencitraan,tes kimiawi, dan pemeriksaan langsung.

Harapan
Hampir separo penyakit kanker dewasa ini dapat disembuhkan sama sekali, sementara penyembuhan dan lamanya usia penderita berbagai macam kenker setelah didiagnosis semakin panjang .Tetapi kemungkinan sembuh dan kambuhnya,tergantung pada jenis kanker dan organ mana yang terserang

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2010 Kepanduan Hizbul Wathan SMA Muhammadiyah 1 Bandung | Design by Dzignine